Home » , » Pala dan Kacang Merah Juga Bisa Menyebabkan Keracunan

Pala dan Kacang Merah Juga Bisa Menyebabkan Keracunan

Written By Ambar Syahputra Siregar on Rabu, 09 Oktober 2013 | 23.08

Jakarta - Tidak semua makanan yang enak di lidah mendatangkan khasiat untuk tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung zat kimia yang bisa memicu keracunan. Karenanya perlu kecermatan dalam memilih dan mengolahnya.

Seperti yang dilansir di iFood (07/10/2013), berikut ini adalah 5 makanan yang dapat meracuni tubuh jika tidak berhati-hati dalam memilih dan mengolahnya.





1. Almond Pahit

Beberapa jenis kacang almond ternyata memiliki rasa pahit yang mengandung asam sianida. Asam sianida dikenal sebagai racun berbahaya yang dapat mematikan manusia dalam sekejap. Pastikan Anda membeli kacang almond di tempat yang sudah terjamin kualitasnya. Pastikan juga untuk membeli kacang almond yang mempunyai rasa manis.







2. Pala

Rempah yang mempunyai aroma wangi khas ini ternyata mengandung zat bernama myristisin yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan meracuni tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menggunakan sejumput bubuk pala pada masakan.








3. Kacang Merah

Kacang merah memang empuk legit. Namun jika langsung mengolahnya tanpa direbus, kacang merah justru akan menjadi racun untuk tubuh. Kacang merah mentah ternyata mengandung zat phytohaemagglutinin yang jika masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan mual dan muntah-muntah.








4. Ikan Buntel

Masakan yang terbuat dari ikan buntel biasanya disajikan di restoran Jepang. Butuh ketelitian khusus dari chef yang ahli untuk mengolah ikan buntel. Jika diolah dengan tidak benar, ikan buntel akan sangat beracun karena mengandung zat yang bernama tetrodotox. Jika tetrodotox masuk ke dalam tubuh, maka akan mengakibatkan kelumpuhan otot, sesak nafas, dan berujung pada kematian.






5. Elderberry

Mengkonsumsi buah dan jus elderberry dalam keadaan mentah bisa berbahaya bagi tubuh. Elderberry mentah mengandung racun asam sianida yang dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, elderberry harus dikonsumsi dalam keadaan matang (direbus terlebih dahulu) atau difermentasikan dengan campuran buah berry lainnya.








Sumber : detikcom












0 komentar:

Posting Komentar

Isi komentar dengan sopan!

Popular Posts

Ads

Arsip Blog

 
Support : About | Privacy | TOS
Copyright © 2013 - 2018. Ambar Cake Wortel - All Rights Reserved
Created by DNN Network Published by Ambar Cake Wortel
Proudly powered by Blogger