Home » » FOTO: Cicip Kuliner Nikmat Sepanjang Pantura

FOTO: Cicip Kuliner Nikmat Sepanjang Pantura

Written By Ambar Syahputra Siregar on Selasa, 08 Oktober 2013 | 03.43


ambarcakewortel, alur pantai utara atau dikenal Pantura, bukanlah jalan yang membosankan. Walaupun panas dan macet, deretan kota di utara Pulau Jawa ini menyimpan wisata kuliner yang beragam. Bila Anda berkesempatan melewati jalur ini, singgahlah di beberapa kota, rehatkan badan sejenak dan nikmati pilihan makanan khas ini.

Cirebon

Nasi Jamblang merupakan ikon kuliner Cirebon. Ini adalah nasi dengan isi tempe goreng, tahu kuah kecap, ikan jambal goreng, telur dadar, dan sambal. Yang khas dari Nasi Jamblang adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkus.

Nasi Jamblang Mang Dul

Tegal

Penggila pedas wajib menyambangi Tegal untuk bisa mencicip Ponggol Setan. Hidangan ini serupa nasi bungkus ini tersaji pada warung-warung makan di Tegal. Berisi nasi dengan olahan tempe yang diberi sambal, dan dibalut dengan daun pisang. Bumbu unggulannya: racikan cabai yang siap membuat Anda berkeringat.

Pemalang

Terletak di antara kota Tegal dan Pekalongan, Pemalang menyimpan Soto Grombyang yang menggiurkan. Ramuan Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah. Soto itu disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau.

Pekalongan

Jangan lewatkan Soto Tauto gurih khas Pekalongan. Bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk, kemudian ditambah suwiran jeroan sapi dan daging ayam yang menggugah selera. Berbeda dengan soto daerah lain, bumbu tauto yang khas pun disertakan. Menambah rasa gurih pada soto ini.

tauto pekalongan

Semarang

Kuliner Semarang tidak pernah habis dibahas. Mulai Lumpia sampai Bandeng Presto. Namun singgahlah sejenak untuk merasakan Babat Gongso asli Semarang. Sesuai namanya, sajian ini berupa babat sapi yang ditumis dengan bumbu rempah. Rasa manis pedasnya akan memanjakan lidah Anda.

Lasem

Beruntung jika Anda tiba di Lasem pagi hari. Kota kecil ini akan menyuguhi sarapan Lontong Tuyuhan yang mengenyangkan perut. Lontong disiram dengan kuah gurih dari campuran jahe, cabai tumis, daun salam, dan serai. Tidak sulit menemukan Lontong Tuyuhan, para penjual menghadirkan kuliner ini di pusat Desa Tuyuhan, Lasem.

wisata lasem

Tuban

Ini adalah surganya pecinta makanan laut. Tuban memperkenalkan Kare Rajungan dengan pedas menantang. Bersiaplah lidah "remuk" dibuatnya. Kare Rajungan diracik hingga dagingnya begitu lembut, dengan bumbu kare yang mengeluarkan sensasi gurih asam. (eh)

kare rajungan



Sumber : viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Isi komentar dengan sopan!

Popular Posts

Ads

Arsip Blog

 
Support : About | Privacy | TOS
Copyright © 2013 - 2018. Ambar Cake Wortel - All Rights Reserved
Created by DNN Network Published by Ambar Cake Wortel
Proudly powered by Blogger