Home » » Konsumsi Kafein Dapat Jadi Obat dan Membuat Tubuh Bugar

Konsumsi Kafein Dapat Jadi Obat dan Membuat Tubuh Bugar

Written By Ambar Syahputra Siregar on Selasa, 18 Maret 2014 | 20.48

Jakarta - Kopi dikenal sebagai sumber kafein. Dinikmati banyak orang sebagai penambah semangat. Karena kafein dalam kopi punya banyak manfaat. Tetapi sumber kafein bukan hanya kopi. Fakta-fakta tentang kopi ini perlu diketahui.

Murray Carpenter, penulis buku 'Caffeinated: How Our Daily Habit Helps, Hurts dan Hooks Us', menjelaskan kepada The Salt (13/03/2014) mengenai seluk-beluk kafein.


1. Kafein adalah obat
Pada bentuk dasarnya, kafein merupakan bubuk putih pahit diperoleh dari insektisida alami yang ditemukan di beberapa tanaman. Selama beberapa tahun, kafein diakui sebagai obat setelah orang menemukan efek stimulasi di dalamnya.

2. Sebagian besar kafein dalam soft drink berasal dari China
Secara alami kafein ekstrak dibakar dari pemanasan biji kopi. Namun kebanyakan kafein dalam minuman ringan sebenarnya diproduksi secara sintetis di pabrik farmasi China. Setelah mengunjungi pabrik terbesar di sana, Carpenter hanya bisa mendiskripsikan pabriknya sebagai tidak layak.

3. Minuman berkafein favorit bukan kopi, tetapi soft drink
Saat konsumsi kopi telah menurun, justru muncul kecintaan terhadap minuman ringan. Delapan dari sepuluh minuman ringan dengan penjualan tertinggi saat ini mengandung kafein. Sebut saja Coke, Diet Coke, Pepsi, Mountain Dew, Dr. Pepper merupakan minuman berkafein.

4. Konsumsi kopi secara wajar tidak mempengaruhi kesehatan
Menurut Carpenter, 3-4 cangkir kopi sehari tidak berbahaya untuk jangka panjang. Namun jika mengalami gejala seperti gelisah atau tidak bisa tidur karena terlalu banyak kafein tentu konsumsi kopi harus dihentikan. Bagi orang yang mengonsumsi kafein secara tidak berlebihan tubuhnya akan benar-benar sehat.


Sumber : detikfood

0 komentar:

Posting Komentar

Isi komentar dengan sopan!

Popular Posts

Ads

Arsip Blog

 
Support : About | Privacy | TOS
Copyright © 2013 - 2018. Ambar Cake Wortel - All Rights Reserved
Created by DNN Network Published by Ambar Cake Wortel
Proudly powered by Blogger