Home » » Cuka Apel Mampu Cerahkan Kulit dan Atasi Bau Mulut

Cuka Apel Mampu Cerahkan Kulit dan Atasi Bau Mulut

Written By Ambar Syahputra Siregar on Rabu, 29 Januari 2014 | 01.55

Jakarta - Cuka yang terbuat dari sari apel ini enak dijadikan saus salad dan mengasinkan daging saja. Cuka yang segar ini juga bagus untuk menjaga kesehatan. Bahkan, mengoleskan cuka apel ke kulit juga dapat menghilangkan gatal-gatal.

Selain untuk merawat kecantikan, cuka apel juga baik untuk menjaga kesehatan. Manfaat kesehatannya diungkap oleh Mother Nature Network (20/1/2014) ini.

1. Menjaga kesehatan rambut
Menjaga dan mengatasi rambut yang berminyak dan kering, tidak perlu perawatan mahal ke salon. Cukup oleskan dan pijat-pijat cuka apel sekucupnya ke rambut. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

2. Mengatasi sakit tenggorokan
Jika tenggorokan terasa gatal, kering, dan sakit, segera campurkan 1/4 cangkir cuka apel dengan segelas air hangat lalu kumur-kumur selama setiap jam hingga tenggorokan terasa lega. Atau campurkan satu sendok makan cuka apel, madu, dan segelas air hangat, lalu minum hingga tenggorokan terasa lega.

3. Menyembuhkan gatal-gatal
Untuk menyembuhkan gatal-gatal akibat digigit serangga, cukup teteskan cuka apel ke atas kapas, lalu seka pada bagian kulit yang terasa gatal. Saat diseka, cuka apel akan menimbulkan rasa perih pada bagian yang gatal, namun perlahan-lahan akan pulih.

4. Mencerahkan kulit
Psoriasis dan eksim pada kulit kering akan menyebabkan timbulnya noda-noda hitam. Cerahkan kembali kulit dengan memberi beberapa tetes cuka apel ke atas kapas, lalu seka kapas tersebut ke bagian kulit yang terdapat noda hitam. Lakukan secara rutin agar kulit kembali cerah.

5. Mengatasi bau mulut
Selain mahal, berkumur-kumur dengan mouthwash juga akan menyisakan beberapa residu kimia di dalam mulut. Campuran cuka apel dan air yang lebih alami juga dapat dipakai untuk menyegarkan mulut. Kumur-kumur dengan campuran cuka dan air lalu bilas air bersih.

6. Mengobati asam refluks
Cuka apel dapat mengobati rasa mual akibat cairan asam refluks atau makanan yang bergerak dari perut menuju kerongkongan. Minumlah satu hingga dua sendok makan cuka apel setiap hari sampai sembuh.

7. Mengobati diare
Cuka apel dapat berfungsi sebagai antibiotik bagi orang yang terkena diare akibat infeksi bakteri. Selain itu, beberapa ahli juga membuktikan bahwa kandungan pektin pada cuka apel dapat meredakan kejang usus saat diare. Untuk pengobatan, campurkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam air putih dan minum sampai sembuh.

8. Mencegah gangguan pencernaan
Jika Anda berencana makan banyak dan enak tanpa mau terkena gangguan pencernaan, cobalah campurkan 1 sdt cuka apel dan 1 sdt madu ke dalam segelas air hangat. Minum larutan tersebut 30 menit sebelum makan.

9. Mengobati cegukan
Mengalami cegukan memang sangat tidak nyaman. Segera obati dengan minum satu sendok teh cuka apel murni tanpa campuran air apapun. Tunggu sesaat hingga cegukan hilang.

Sumber : detikfood







0 komentar:

Posting Komentar

Isi komentar dengan sopan!

Popular Posts

Ads

Arsip Blog

 
Support : About | Privacy | TOS
Copyright © 2013 - 2018. Ambar Cake Wortel - All Rights Reserved
Created by DNN Network Published by Ambar Cake Wortel
Proudly powered by Blogger